Sabtu, 12 Mei 2012

Mengenal Content Management System (CMS)




Membuat web itu adalah sebuah keharusan. Lalu bagaimana jika kita ingin
membuat website dengan mudah, ya menggunakan CMS jawabannya.

Secara sederhana Content Management System atau (CMS) adalah sistem aplikasi yang 
digunakan  untuk mengelola dokumen dan konten sebuah sistem , karena kita lagi membahas tentang web, jadi yang diatur dan dikontrol adalah seluruh isi dan tampilan dari web yang ingin kita bangun .

Content ?
Sederhana dapat dijelaskan bahwa content adalah setiap jenis atau unit informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman, Content dapat berupa text, gambar, animasi, suara, dll . Intinya adalah semua hal yang ingin diperlihatkan kepada public melalui internet.

Content Management ?
Content management atau pengelolaan isi suatu website yaitu menggabungkan aturan, proses, dan alur kerja sehingga kita dapat membuat, mengubah , dan mempublish isi halaman sesuai dengan alur sistem.

Content Management System ?
Sistem itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu alat atau gabungan dari lat yang efisie,  efektif, dan memudahkan pembuatan halman web menggunakan sistem pengelolaan isi websiite. Dapat disimpulkan bahwa CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarka kemampuan non teknis kepada anggota tim untuk membuat, mengubah, mengelola dan mempublish sejumlah isi website seperti teks, gmabar, aniami, suara dll dengan aturan, proses dan jalur kerja yang sudah baku sehingg website dapt terlihat sesuai keinginan. Conten Management System (CMS) dapat digunakan oleh orang yang tidak cukup mengerti pemrograman teknis. Menambah , mengubah atau menghapus isi website secara langsung dapat dilakukan tanpa mengetik script pemrograman, Perubahan isi website dapat dilakukan melalui internet dengan mudah, cepat dan tanpa menginstal software apapun atau memiliki kemampuan teknik bahasa pemrograman. Apakah hanya web content dan dokumen saja yang bisa diatur? Tentu saja tidak. Dalam perkembangannya hal-hal yang bisa diatur oleh sebuah CMS semakin banyak, contohnya block, atau module position,menyisipkan dan menghapus fungsi (bahasa kerenya plugin/ component), front page manager, bahkan, template atau themes dari tampilan website. 

Struktur CMS    
Secara garis besar terdiri dari dua bagian, yaitu Fronted dan Backend 

- Fronted adalah tampilan halaman web kita, yaitu halaman yang diakses pengunjung umum 
- Backend adalah bagian adminstrasi yang hanya bisa diakses sang pemilik web maupun orang-orang yang ditunjuk untuk melakukan manajemen website. Istilah umumnya halaman admin (admin page). 

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar